Senin, 05 Oktober 2009

sandang, pangan, papan, dan sapaan

Pada waktu kita masih belajar di sekolah dasar, kita mengenal yang namanya kebutuhan pokok hidup manusia. Yaitu ada 3 macam; sandang, pangan, dan papan.
Dimana sandang adalah kebutuhan akan pakaian, lalu pangan adalah kebutuhan akan makanan yang biasanya kita dengar dengan nama sembako (sembilan bahan makanan pokok), dan yang terakhir adalah papan yang dimanan kita membutuhkan tempat pelindungan dan peristirahatan.

Tetapi untuk zaman sekarang ini ada tambanhan kebutuhan pokok masyarakat yaitu sapaan atau komunikasi. Memang hal ini sepertinya masih hanya di daerah perkoataan saja, tetapi lambat laun akan merambah hingga keseluruh daerah pedesaan. Bahkan bagi kalangan perkotaan, penggunaan alat komunikasi seperti Handphone dan Laptop sudah bukan hal yang mewah lagi. Ada satu contoh, seperti staf dalam rumah saya yang tinggalnya di Gunung, mungkin kita menyangka signal operator seluler tidak akan sampai menjangka ke daerahnya tetapi anaknya dia yang berumur 5 tahun setiap hari menelfon kepda ayahnya yang bekerja di rumah saya. Hal ini memberikan contoh bahwa sapaan sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat di dunia khusunya di Indonesia.
Dari hal ini dapat kita lihat bahwa peradaban manusia terus-menerus berubah. Maka dari itu paradigma atau pola berfikir kita haruslah diperbaharui. Dari contoh diatas kita harusnya mengajarkan kepada adik-adik kita bahwa kebutuhan pokok itu bukan ada 3 macam, melainkan ada 4 macam, yaitu; sandang, pangan, papan, dan sapaan.

4 komentar:

  1. Wah, Ilham pinter nulis juga ya...
    Mampir dooong ke gubuk inspirasiku.
    Tak jauh kok...
    Nih alamatnya:
    www.saefullohmsatori@blogspot.com
    Thanks

    BalasHapus
  2. SALUT ...
    SUPAYA KITA TIDAK TERLALU TERIKAT DENGAN HAL YANG DUNIAWI. SAYA RASA KITA PERLU UTK HIDUP SESEDERHANA MUNGKIN, HARI INI SAYA BACA DI DETIK.COM "SEORANG KAKEK TEWAS KARENA INGIN MENYELAMATKAN HP NYA" MENURUT GUE, TRAGIS LHO...
    ADA KALANYA KITA HARUS TUTUP MATA, TUTUP MULUT, TUTUP TELINGA... SUPAYA HATI DAN PIKIRAN KITA SELALU DI JALAN YANG BENAR ... PEACE

    BalasHapus
  3. Artikel anda benar sekali karena itu semua yang saya alami...makasih..

    BalasHapus
  4. semua yang saya lalui sama persis..pinter bangetz yach......

    BalasHapus